Taman Minimalis

Siapapun yang memiliki rumah tentu mengharapkan ada sisa tanah yang dapat dimanfaatkan untuk membuat taman. Keberadaan sebuah taman di rumah sebenarnya mempunyai banyak fungsi. Selain memperindah rumah, taman juga membuat suasana rumah tidak gersang. Sebuah rumah akan terasa nyaman dan terlihat menarik jika dilengkapi dengan taman.

Namun tidak setiap rumah dapat memiliki taman. Lihat saja permukiman padat yang terdapat di berbagai wilayah perkotaan. Bahkan bila ada sisa tanah pun umumnya bukan dijadikan sebagai taman, melainkan untuk lahan parkir motor, warung, atau menambah bangunan rumah.

Keberadaan sebuah eksterior taman, sebenarnya sangat penting. Taman tidak sekadar pengisi ruang kosong, melainkan mempunyai banyak fungsi dan peran yang jauh lebih besar. Beberapa manfaat taman rumah antara lain sebagai berikut:

Taman memberikan keseimbangan terhadap rumah yang dibangun dengan batu dan semen. Keseimbangan ini penting untuk membuat rumah jadi terasa lebih nyaman dan enak sebagai tempat tinggal.

Tanaman yang terdapat di taman akan memberikan kontribusi yang cukup penting untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi penghuni rumah. Terlebih jika kita tinggal di perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di tempat semacam ini taman dapat berperan sebagai penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatk

Taman juga berguna sebagai arena rekreatif yang bermanfaat bagi anggota keluarga. Apalagi bila luas eksterior taman cukup besar untuk bermain dan berkumpul bersama keluarga, tentu berguna untuk meningkatkan komunikasi.

Taman juga berguna sebagai media atau sarana untuk mengisi kegiatan penghuni rumah ataupun untuk menyalurkan hobi berkebun. Kelelahan atau stress yang dialami saat bekerja di kantor akan segera hilang dengan sekadar menyiram tanaman atau memandang dan menikmati keindahan tanaman yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *